Belajar Linux

Kamis, 12 Januari 2012

Memindahkan Aplikasi Android Internal Ke SD Card Menggunakan Sdk Tool

Memindahkan Aplikasi Android Internal Ke SD Card Menggunakan Sdk Tool. Untuk memindahkan aplikasi android yang sebelumnya hanya bisa di simpan pada memori internal bisa anda lakukan sekarang. Tujuannya agar menghemat memori internal Smartphone Android anda. Berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya, dan tentu saja cara ini telah saya terapkan pada HP Android saya. Memang tidak sepenuhnya aplikasi android yang telah dipindahkan dari memori internal semuanya bisa dipindahkan, tetapi cara ini cukup ampuh untuk bisa menghemat memori internal anda. Untuk percobaan ini saya menggunakan HP Android Samsung Galaxy Mini S5570, dan Sistem OPerasi WIndows.
Berikut Langkah-langkahnya :
(Untuk langkah 1-4 dibutuhkan akses internet)
1. Download File SDK Android di Android.com

2. Aplikasi SDK Android membutuhkan file JDK 1.6 silahkan download terlebih dahulu sebelum menjalankannya.
3. Install APlikasi SDK ANdroid di Laptop/PC Anda, dan jalankan SDK Manager.exe.
pastikan akses internet tersedia, tunggu sebentar karena SDK Manager akan melakukan sinkronisasi terhadap komponen-komponen yg bisa anda download nantinya.
4. Saat sinkronisasi komponen telah selesai, silahkan download komponen seperti dibawah ini :
tunggu sampai instalasi selesai.
5. untuk langkah ini akses internet tidak dibutuhkan lagi. sekarang persiapkan kabel usb anda dan hubungkan HP dengan laptop/pc anda, pastikan driver untuk HP Anda sudah terinstall di Laptop/PC, anda bisa menggunakan cd bawaan dari HP Anda.
HP TIDAK PERLU DIMATIKAN...
6. Sekarang Masuk ke command prompt (run--cmd) dan arahkan ke posisi instalasi SDK Android anda di folder "platform-tools".
pastikan hp anda terhubung dengan pC/laptop, dan untuk melakukan pengecekan ketikkan perintah : adb devices
jika hp sudah terhubung akan ada merk hp anda misalnya s5570...
sekarang saatnya mengeset agar aplikasi anda bisa dipindahkan ke sdcard, dengan cara mengetikkan "adb shell pm setInstallLocation 2" perintah ini case sensitive..
Dalam kondisi ini default instalasi akan bisa dipindahkan ke SD Card. silahkan anda lihat di "Setting--Application--Manage Application" maka tombol "Move to SD Card" akan aktif, sehingga aplikasi akan bisa dipindahkan ke SD Card.
7. Untuk mengembalikan ke default instalasi ke memori internal silahkan ketikkan perintah "adb shell pm setInstallLocation 0"
8. Selamat Mencoba... Lumayan Aplikasi kaya Facebook bisa dipindahkan ke SDCard, jadi bisa menghemat Memori internal kita.. Terima Kasih.

Sumber  :  knowledge99.blogspot.com


roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
Description » Memindahkan Aplikasi Android Internal Ke SD Card Menggunakan Sdk Tool » Rating: 5.0 » Reviewer: Muhammad Royani » ItemReviewed: Memindahkan Aplikasi Android Internal Ke SD Card Menggunakan Sdk Tool

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 19.24

1 comments:

Foredi mengatakan...

Artikel yang sangat menarik.
pingin coba praktek.
tks boss

salam sukses
Yusuf
www.pasutriharmonis.com

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Kawan-kawan Blogger

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste