Belajar Linux

Senin, 16 April 2012

Cara Remote Desktop di Windows 7

Cara Remote Desktop di Windows 7. Apakah itu Remote Desktop? Pada sistem operasi windows 7 terdapat tool/fasilitas Remote Desktop Connection. Fasilitas ini berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh yang berada di jaringan, seolah olah komputer yang dikendalikan tersebut berada satu komputer dengan komputer yang sedang anda gunakan.
Selain fasilitas Remote Desktop pada sistem operasi windows, banyak juga software remote desktop lainya seperti Radmin, UltraVnc dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Cara Remote Desktop di Windows 7 menggunakan Remote Dekstop Connection ?

Untuk melakukan remote desktop, terlebih dahulu kita harus menyetting komputer yang akan kita remote (Host). Berikut caranya menyettingnya :
  1. Masuk ke Windows Explorer atau tekan (Logo Windows + E).
  2. Kemudian Klik Kanan pada "Computer" dan pilih "Properties". Terlihat seperti gambar dibawah ini  :
  3. Setelah itu Klik Tab Remote. Lalu pada bagian Remote Destop berikan tanda centang pada tulisan "Allow users to connect remotely to this computer". Klik Apply lalu Klik OK.

    Ketentuan settingan ini berlaku untuk semua komputer yang akan diremote (host/clientnya). Untuk me-remote komputer host/client kita harus tahu hostname/ip komputer dan user name komputer tersebut (Lokal) serta komputer client harus diberi password. Untuk mengetahui hostname klik artikel berikut "Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan". Untuk "Select User" itu digunakan untuk memilih user yang diperbolehkan meremote komputer tersebut, konsep ini berlaku untuk jaringan yang sudah menggunakan Aktif Directory atau jaringan yang sudah menerapkan sistem Domain pada jaringannya.
  4. Nah setelah melakukan konfigurasi di atas, sekarang kita sudah dapat mlakukan remote desktop.
    Caranya buka menu Start > All Programs > Accessories > Communications > Remote Desktop Connection. Atau dengan cara masuk ke Run, ketikkan perintah "mstsc" dan akan muncul gambar dibawah ini  :
  5. Pada gambar diatas anda wajib mengisi alamat ip komputer yang akan diremote (client), username dan password. Pada contoh diatas "PUSINTEKPC2-36" merupakan hostname dan "pusintek" merupakan username. Setelah itu langkah terakhir yang kita lakukan Klik Connect.
  6. Selesai deh artikel Cara Remote Desktop di Windows 7. Semoga Bermanfaat yah. Terima Kasih.


    roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
Description » Cara Remote Desktop di Windows 7 » Rating: 5.0 » Reviewer: Muhammad Royani » ItemReviewed: Cara Remote Desktop di Windows 7

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 20.00

5 comments:

Muhammad Royani mengatakan...

Doain yah temen-temen lagi ikutan kontes seo nih, iseng-iseng :D
http://roy87.blogspot.com/2012/08/lakucom-belanja-online-grosir-eceran.html
http://roy87.blogspot.com/2012/08/layanan-bisnis-pulsa-dan-token-pln.html

Muhammad Royani mengatakan...

http://muhammad-royani.blogspot.com/

Worlds ZinzDizzy mengatakan...

mau tanya dong maksud domain pada kalimat ini apa ya?

Untuk "Select User" itu digunakan untuk memilih user yang diperbolehkan meremote komputer tersebut, konsep ini berlaku untuk jaringan yang sudah menggunakan Aktif Directory atau jaringan yang sudah menerapkan sistem Domain pada jaringannya.

Muhammad Royani mengatakan...

iya bang maksudnya itu gini, klo jaringan kita sudah menerapkan aktif directory. jadi setiap orang di suatu jaringan sudah memiliki akun / user masing2x gtu sesuai dengan domainnya. Penggunaan aktif directory ini terintegrasi juga dengan email server. Wah panjang nih ngejelasinnya. Coba deh abang cari tau tentang aktif directory contohnya aktif directory windows server 2003.

M Fatur mengatakan...

mas bro, ane maw coba remote desktop di office ane, tapi di office ane jaringan pake wireless n ip nya di konfigurasi otomatis. jadi gimana tuh mas bro biar komputer ane bisa remotin staff ane yang cakep yang duduk di pojokan sendirian kalo ane lagi suntuk.....heheh. tks ya mas bro...

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Kawan-kawan Blogger

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste