Tuesday, April 24, 2012

Cara Login Root Pada Linux Ubuntu Server 11.10

Cara Login Root Pada Linux Ubuntu Server 11.10. Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang defaultnya tidak menggunakan user root sebagai user loginnya. Ketika pertama kali kita menginstall Linux Ubuntu, kita disuruh memasukkan nama user dan password yang kita inginkan, tidak sama sekali menyinggung user root.  Nah ketika kita mau login menggunakan root, banyak oarang yang bertanya-tanya.

Untuk login ke akses root, ubuntu menyediakan fasilitas berupa comand program yang bernama SUDO, berfungsi untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan selama 15 menit agar dalam waktu 15 menit kedepan anda tidak perlu lagi memasukkan password jika menggunakan sudo.

Nah biasanya setelah saya menginstall ubuntu server, berikut langkah-langkah saya untuk login sebagai root di ubuntu server :
  1.  Login Ubuntu menggunakan user anda.
  2. Setelah itu Ketikkan sudo su - root. Terlihat seperti gambar dibawah ini  :

  3. Masukkan password user kamu yang tadi.
  4. Setelah masuk ke dalam root, defaultnya user root belum terdapat password oleh karena itu mari kita berikan password dengan cara ketikkan perintah passwd, masukkan password yang anda inginkan. Terlihat seperti gamabar dibawah ini  :

  5. Selesai deh Cara Login Root Pada Linux Ubuntu Server 11.10. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
Description » Cara Login Root Pada Linux Ubuntu Server 11.10 » Rating: 5.0 » Reviewer: Roy » ItemReviewed: Cara Login Root Pada Linux Ubuntu Server 11.10

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 6:26 PM

3 komentar:

Unknown said...

ditunggu kunjungan bailk .gan :)

Roy said...

Sudah gan, keren blognya. Terima Kasih atas kunjungannya :)

Unknown said...

makasih gan posting nya

jangan lupa juga kunjungi situs kami di http://stisitelkom.ac.id

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►


 

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste