Saturday, April 7, 2012

Cara Membuat Sharing Folder di Windows

Pada suatu jaringan komputer, kita dimungkinkan untuk berbagi data ke sesama pengguna jaringan salah satunya menggunakan Sharing Folder. Bagi orang yang sudah berkecimbung didunia IT biasanya membuat sharing folder di windows itu hal yang bisa dibilang sangat mudah, tetapi saya punya pengalaman dengan teman-teman saya yang tidak berkecimbung di dunia IT, dia agak bingung atau malah tidak tahu sama sekali Cara Membuat Sharing Folder. Oleh karena itu pada bahasan kali ini saya ingin menulis artikel mengenai Cara Membuat Sharing Folder di Windows. Dalam contoh penerapan nya kita menggunakan Windows 7. Langsung saja begini caranya  :
  1. Pertama kita pilih folder mana yang akan kita sharing. Sebagai contoh misalnya folder "rOy" (Catatan : Komputer sudah terhubung pada jaringan).
  2. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih "Properties". Akan tampil seperti gambar berikut  :
  3. Kemudian pilih tab "Sharing", Akan tampil seperti gambar berikut  :
  4. Klik Share pada gambar yang dilingkari, Akan tampil seperti gambar berikut  :
  5. Kemudian pilih user windows yang akan berbagi foldernya, pada artikel kali ini kita akan membuat sharing folder untuk ke semua user didalam jaringan maka pilih "Everyone", dan tentukan hak akses folder yang akan diberikan, hak akses folder seperti "Read" dan "Write", Read berarti hanya melihat atau membaca saja, Write berarti kita bisa merubah atau menambahkan file yang ada pada folder tersebut. Kali ini kita akan membuat Read & Write, berarti bisa melihat dan merubah apapun di dalam folder tersebut. Akan tampil seperti gambar berikut  :
    Klik Add untuk menambahkannya dan atur level hak aksesnya menjadi Read/Write.
    Setelah itu Klik Share ikuti proses dan Klik Done.
  6. Terakhir Klik Ok, dan shared folder sudah berhasil dibuat.
  7. Untuk mencobanya pada komputer pengguna jaringan seperti berikut  : masuk ke "Run" (Windows + R) kemudian ketik perintah berikut "\\alamat ip shared folder" (Tanpa tanda kutip). Misalnya alamat ip komputer shared folder tadi 192.168.0.1 maka perintah yang ditulis seperti ini \\192.168.0.1.
  8. Selesai deh artikel Cara Membuat Sharing Foldfer di Windows. Moga bermanfaat yah. Terima Kasih.

     
    roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
Description » Cara Membuat Sharing Folder di Windows » Rating: 5.0 » Reviewer: Roy » ItemReviewed: Cara Membuat Sharing Folder di Windows

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 11:33 AM

4 komentar:

ahli pbx said...

thx for info...
http://ahlipbx.com/

thian_wisnu said...

thx bermanfaat sekali

Unknown said...

Terima kasih berbagi ilmunya, bermanfaat banget

Unknown said...

Terima kasih berbagi ilmunya, bermanfaat banget

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►


 

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste