Belajar Linux

Rabu, 14 Maret 2012

Fixing “Windows cannot connect to the domain” Errors

Kemaren ada pengalaman dikantor saya mengenai permasalahan “Windows cannot connect to the domain”, jadi ketika saya login pada salah satu server yang menggunakan sistem operasi Windows Server 2003 saya menemui peringatan seperti berikut : Windows cannot connect to the domain, either because the domain controller is down or otherwise unavailable, or because your computer account was not found. Please try again later. If this message continues to appear, contact your system administrator for assistance.
Nah saya bingung pada saat itu dikarenakan saya tidak bisa login dengan menggunakan berbagai macam user sekelas administrator domain maupun local. setelah saya  cari tau ternyata server tersebut sebagai server ujicoba untuk di cloning atau virtualisasi. Nah ternyata ada argument seperti ini : Kadang-kadang, setelah waktu yang lama ketika sebuah komputer yang merupakan anggota dari sebuah domain Active Directory diambil offline dan kemudian dibawa online, atau ketika beberapa jenis kloning atau metode pencitraan atau bahkan perangkat lunak mekanisme virtualisasi snapshot digunakan pada anggota domain, Anda mungkin mendapatkan error seperti ini : Windows cannot connect to the domain, either because the domain controller is down or otherwise unavailable, or because your computer account was not found. Please try again later. If this message continues to appear, contact your system administrator for assistance.
Tidak peduli apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan dapat log on ke komputer dengan menggunakan account domain. Satu-satunya solusi yang mungkin untuk log on bisa menggunakan akun pengguna lokal. Setelah saya telusuri ternyata ada sebuah user khusus di OS tersebut sebagai local user login pada kedua belah pihak server fisik maupun virtual, akhisnya menggunakan user tersebut saya bisa login kembali.

Catatan: Pada kebanyakan kasus, kecuali ini telah secara khusus dinonaktifkan oleh administrator, Anda mungkin dapat login menggunakan account pengguna domain jika Anda lepaskan kabel jaringan dari komputer. Ini hanya akan bekerja jika Anda menggunakan account pengguna yang telah berhasil login ke komputer yang di masa lalu, dan lagi, kecuali telah secara khusus dinonaktifkan oleh administrator.

Catatan: Jika Anda telah menggunakan perangkat lunak kloning dan kloning komputer yang adalah anggota dari sebuah domain Anda harus tahu 2 hal: 
  1. Jangan pernah mengkloning anggota domain. Anda sekarang tahu mengapa. 
  2. Jangan pernah mengkloning komputer berbasis Windows yang seharusnya beroperasi dalam domain Active Directory dan / atau pada setiap jenis jaringan, tanpa benar menggunakan SysPrep pada komputer SEBELUMNYA untuk kloning itu.
Setelah login Anda dapat melihat beberapa atau semua dari peristiwa berikut di Event Viewer.

     NETLOGON 3210
 
Komputer ini tidak bisa mengotentikasi dengan \ \ WIN2003-SRV1.petrilabs.local, domain Windows domain controller untuk PETRILABS, dan karena itu komputer ini mungkin menolak permintaan logon. Ketidakmampuan untuk mengotentikasi mungkin disebabkan oleh komputer lain di jaringan yang sama menggunakan nama yang sama atau password untuk account komputer tidak diakui. Jika pesan ini muncul lagi, hubungi administrator sistem Anda.


LSASRV 40961
Sistem Keamanan tidak dapat membuat sambungan aman dengan cifs/WIN2003-SRV1.petrilabs.local server. Tidak ada protokol otentikasi yang tersedia.
 
W32Time18
Para penyedia NtpClient waktu gagal membangun hubungan kepercayaan antara komputer dan domain petrilabs.local untuk sinkronisasi waktu dengan aman. NtpClient akan mencoba lagi dalam 15 menit. Kesalahan adalah: Hubungan kepercayaan antara workstation dan domain utama gagal. (0x800706FD).
  
Jadi kenapa kesalahan ini terjadi? 

Cerita singkatnya adalah bahwa entah bagaimana ada account komputer ketidaksesuaian sandi. Para anggota domain berbasis Windows berpikir bahwa mesin password account adalah X sesuatu, sedangkan domain controller percaya itu menjadi sesuatu Y. Karena ini, komputer tidak dapat mengotentikasi dirinya ke domain controller (s), dan dengan demikian Anda mendapatkan error ini . Baca Kerja saya dengan Mesin Anggota Virtual Domain dan artikel Snapshots untuk satu alasan yang mungkin untuk hal ini terjadi.

Bagaimana cara memperbaiki
kesalahan ini?

Metode ini mungkin yang paling mudah untuk melakukan, dan memerlukan reboot ganda dari komputer klien.
  1. Klik kanan My Computer (atau hanya Komputer di menu Start, tergantung pada versi OS), pilih Properties.
  2. Pada tab Computer Name, klik tombol Change. Kemudian mengubah Anggota pilihan dari domain AD untuk sebuah Workgroup.
  3. Masukkan nama workgroup. Nama apapun. Tekan Ok.
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan akses kepercayaan dari pengguna dengan hak administratif. 
  5. Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi.
  6. Anda harus reboot komputer.
  7. Setelah reboot, Anda perlu login secara lokal ke komputer, dan bergabung dengan domain kembali. 
Nah selesai deh, wah bingung juga tuh ketika waktu itu, mana si bos nakutin macem-macem lagi, yang kena hack lah, ada penyelundup lah... hahahaha, tau-tanya karena testing virtualisasi. ini jadi pengalaman berharga, bila kita ingin uji coba / testing jangan deh di server yang sudah existing, bahaya soalnya, mending di development dulu biar tau apa dampaknya jika melakukan ujicoba. hehehe, Terima Kasih - Semoga Bermanfaat.


roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
 
Description » Fixing “Windows cannot connect to the domain” Errors » Rating: 5.0 » Reviewer: Muhammad Royani » ItemReviewed: Fixing “Windows cannot connect to the domain” Errors

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 09.32

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Kawan-kawan Blogger

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste