Tuesday, August 14, 2012

Cara Menambah Repository Ubuntu

Cara Menambah Repository Ubuntu. Buat yang sering experimen dengan paket-paket repository, berikut ada cara untuk menambahkan server repository lain ke dalam daftar repo yang sudah ada. Caranya yaitu dengan mengedit file /etc/apt/sources.list, sebelum mengedit file tersebut untuk keamanan ada baiknya repo list yang lama di backup terlebih dahulu.
  1. Masuk ke Dash Home atau tekan Alt + F2, lalu ketik “terminal” tanpa kutip lalu enter. Masuk ke dalam folder /etc/apt dengan perintah "cd /etc/apt" tanpa tanda kutip, lalu backup file sources.list dengan cara copy kan file tersebut kefolder lain, sebagai contoh "cp sources.list /home/roy" tanpa tanda kutip.
  2. Buka file sources.list dengan cara "sudo gedit sources.list" hapus semua isinya, lalu masukkan daftar repo yang ingin ditambahkan. Save lalu close.
  3. Buka Terminal, lalu ketik “sudo apt-get update”. Biarkan proses update berjalan, pastikan tidak ada error.
  4. Repository PPA
    Sama dengan langkah – langkah untuk setting repository, buka tab Other Software – Add, maka akan muncul jendela baru dan masukkan ppa yang ingin ditambahkan kedalam daftar repository lalu akhiri dengan menekan tombol “Add source”.

Selesai deh Cara Menambah Repository Ubuntu. Biasa sebelum menambah repo kita harus memilih lokasi server dan menyettingnya terlebih dahulu, berikut artikel Cara Setting Repository Ubuntu. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

roy87.blogspot.com, SARJANA | COPY | PASTE
Description » Cara Menambah Repository Ubuntu » Rating: 5.0 » Reviewer: Roy » ItemReviewed: Cara Menambah Repository Ubuntu

Artikel Terkait:

Posted » Muhammad Royani » Updated : 11:28 AM

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►


 

Copyright 2012 Sarjana Copy Paste